Volunteer Trip to Nepal: Persiapan dan Perlengkapan

Hai semuaaaaaa!

Setelah #BIJITrip yang cukup menguras harta, bulan depan aku bakal ke Nepal untuk menjadi volunteer di sebuah rumah yatim piatu di Kathmandu bersama IVHQ. Nah, apa itu IVHQ? Bisa kalian buka tautan https://www.volunteerhq.org/ untuk keterangan lebih lanjut. Di sana, aku bakal ngajar bahasa Inggris dan sedikit bahasa Indonesia kepada anak-anak yatim piatu, dan tentu saja aku bakal dapat pelatihan sebelum memulai kegiatan dalam bentuk.... belajar bahasa Nepal! OH YEAH \m/

Sekitar setahun yang lalu, aku pernah menjadi guest admin akun twitter @KartuPos, nah di antara sekian banyak guest admin, ada satu yang membagi pengalamannya menjadi volunteer di Nepal dan India, namanya Citra Savitri. Dari situ aku tertarik untuk mengikuti jejaknya. Awalnya setelah wisuda bulan Agustus 2014, aku berniat untuk ke Nepal tapi godaan untuk pergi ke beberapa negara di Eropa lebih besar, dan sekalian mengunjungi sahabatku yang tinggal di Berlin. 

Kenapa Nepal? Karena aku belum pernah ke sana. Sederhana khan alasannya? Dan setelah membawa tulisan Ve Handojo tentang perjalanannya di Nepal, aku punya sedikit gambaran tentang Nepal, khususnya tentang Kathmandu. Menurut booklet yang sudah dikirim, di sana aku tidak hanya mengajar tapi juga bisa melakukan kegiatan alam seperti trekking. Sayangnya, aku paling lemah sama trekking, padahal ditawarin trekking ke Annapurna dan Everest. Hiks. Akhirnya aku memilih Paragliding sebagai kegiatan di akhir pekan. Berikut gambaran harga kegiatan yang ditawarkan IVHQ:


 [ A ] Annapurna Region:
 01 Pokhara Panchase Trekking                                  05 days  3800m.  USD  350/-    
 02 Ghorepani Poonhill                                               06 days  3210m.  USD  395/-
 03 Annapurna Base Camp Trekking                          10 days  4200m.  USD  699/-  
 04   Mardi Himal                                                        10 days  4100m.  USD  625/-
 05 Pokhara Jomsom Muktinath                                  12 days 4000m.  USD  799/-
 06 Annapurna Circuit [ Thorung-La Pass ]                18 days  5416m.  USD  1099/-
 [ B ] Everest Region:
 01 Everest Glimpse                                                     05 days 4200m.  USD  780/-
 02 Everest Base Camp                                                12 days 5360m.  USD  1250/-
 03 Gokyo Valley  ( Gokyo Ri Trek )                           12 days 5360m.  USD  1399/-
 04 Everest Base Camp - Khumbu Ice Fall                  14 days  5360m.  USD  1475/-
 05 3 Pass [ Renjo La , Cho La & Khongma La pass ]   19 days 5700m.  USD  1899/-


 [ C ] Langtang Region:
 01 Langtang Valley Trekking                                        5 days   3800m.  USD  350/-
 02 Gatlang Tamang Heritage                                        10 days 4800m.  USD  650/-
 03 Ganesh Himal                                                          14 days 4500m.  USD  1050/-


[D] Jungle Safari  
2 Night / 3 Days Package :  US$ 90

[E] 1 day Rafting package
Trisuli River  : US$ 35

[F] Paragliding     : US$ 85
[G] Bungee Jump : US$ 90
Kegiatan yang menggiurkan bukan? Tapi sayang, harganya bikin nangis darah :"))

Untuk perlengkapan! Nah, ini yang agak menantang karena aku belum pernah ke sana sebelumnya. Menurut buku Lonely Planet: Nepal, bulan April - Mei sedang musim semi menuju musim panas, dan katanya sih pas musim panas, bisa panas banget, sekitar 37-40 derajat Celcius. Kurang lebih seperti Jakarta, tapi kalau di Kathmandu ngga ada pepohonan rindang, panasnya bakal 2 kali lipat ngga sih? -.-"

Karena bakal menghadapi cuaca panas yang belum bisa diperkirakan, jadi aku banyak membawa kaus berwarna putih yang notabene bisa memantulkan sinar matahari, beda dengan kaus berwana hitam yang lebih menyerap sinar matahari. Lalu celana panjang katun motif batik yang dengan mudahnya bisa kalian temukan (terutama) di pasar Bringharjo, Jogjakarta, kemudian sendal jepit dan sendal gunung, toiletries, handuk dan masih banyak lagi. Segala yang harus dipersiapkan ada di booklet, termasuk untuk apply visa on arrival. Setelah persiapan dan perlengkapan sudah siap, bakal aku share di blog ini.
Oh iya, untuk perlengkapan dokumentasi aku bawa satu body kamera DSLR, lensa 50mm, 20mm dan GoPro beserta strapnya untuk... Paragliding. WOOOO~HOOOOO \m/

Kalo ada yang punya blogpost atau saran tentang perjalanan ke Nepal, monggo lho untuk berbagi. Yang mau jadi sponsor atau nawarin aku jadi buzzer perlengkapan traveling atau gadget juga boleh #ngelunjak.

Mari nyicil packing lagi :3

Comments

  1. jadi kamu ambil option yang mana? eh apa itu list udah yang kamu pilih semua ri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh baru baca deng kalo kamu milih paragliding aja hahahaha, siwer matanyaa :))

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

What If We're Dating

Toleransi, Hati Nurani dan Akal Sehat.

Ketika Kita Sendiri yang Membuat Jalan Buntu